Tips Cara Membuat Animasi Dengan Flash

Minggu, 19 Agustus 2012

Tips Cara Membuat Animasi Dengan Flash

Tips Cara Membuat Animasi Dengan Flash

Tips Cara Membuat Animasi Dengan Flash

Tips Cara Membuat Animasi Dengan Flash. di antara cara buat animasi flash yaitu memanfaatkan layer motion guide pada waktu lakukan tweening. tanpa memakai motion guide, perpindahan satu bentukan dari posisi awal ke posisi akhir lewat satu garis lurus dengan jarak terpendek. bagaimana bila kita inginkan supaya bentukan tersebut tidak segera menuju posisi selanjutnya ?. anda bisa mengikuti cara buat animasi flash yang akan diperagakan berikut.

Tips Cara Membuat Animasi Dengan Flash

pengertian motion guide
supaya bisa melaksanakan cara yang pas buat animasi flash berkenaan dengan layer motion guide, terlebih dulu, kita butuh menyamakan persepsi. motion guide yaitu satu garis penghubung pada posisi awal dengan posisi akhir satu bentukan supaya waktu lakukan motion tweening, bentukan tersebut akan ikuti garis lintasan yang menghubungkan posisi awal dengan posisi akhir. garis lintasan penghubung ini bisa berbentuk apa saja, tidak mesti garis lurus, dan ada pada layer motion guide. garis ini tak lagi terlihat waktu animasi diperagakan. bentukan yang di-tween buat mengikuti garis penghubung tersebut ada pada sublayer dari layer motion guide. jadi, garis penghubung akan bertindak jadi motion guide yang akan membimbing pergerakan satu bentukan dari posisi awal ke posisi selanjutnya, baik alur ataupun arahnya.

membangun layer motion guide
motion guide layer dibikin lewat cara seperti berikut :
- buat layer buat bentukan yang akan dinaimasikan.
- klik kanan layer tersebut dan tentukan add motion guide. atau dapat juga menggunakan menu insert – timeline – motion guide.

layer buat bentukan berikut akan jadi sublayer dari layer motion guide yang terbentuk. garis lintasan buat perpindahan bentukan di letakkan pada layer motion guide ini.

Tips Cara Membuat Animasi Dengan Flash motion guide
cara buat animasi flash memanfaatkan layer motion guide dengan lengkap diperagakan pada video cara buat animasi flash diatas.
yang perlu diingat yaitu bentukan pada posisi awal dan posisi akhir kudu ada pas pada titik di garis lintasan ( snapping ). pakai snap to objects dan snap to guides buat membantu perihal ini. ( menu : view – snapping – snap to obyek atau snap to guides )

perlu pula supaya garis lintasan janganlah berbentuk tertutup di mana waktu tweening perpindahan bentukan akan ikuti garis lintasan terpendek yang barangkali bukan hanya adalah arah lintasan yang kita kehendaki.
amat banyak variasi yang bisa diterapkan waktu buat animasi flash lewat motion tweening memanfaatkan pertolongan layer motion guide.